Sabtu, 10 November 2012

KEUNTUNGAN KPR


Berikut ini beberapa keuntungan KPR. Keuntungan KPR yang dimaksud di sini adalah manfaat yang dapat kita peroleh dengan membeli rumah secara KPR. Pada artikel lain nanti, kita akan menyinggung mengenai kerugian KPR agar kita bisa adil dalam menilai untung rugi KPR. Namun saat ini kita akan mengulas keuntungan membeli rumah secara KPR terlebih dahulu. Keuntungan KPR tersebut antara lain.

1. Tidak perlu dana besar untuk memiliki rumah

Rumah merupakan sebuah aset yang memiliki nilai yang sangat besar. Karena nilainya besar itu pulalah, harga sebuah rumah tentu juga tidak semurah komoditi lainnya. Sebuah rumah di jogja misalnya, harga dari Tipe 36 bisa mencapai beberapa ratus juta. Tentu tidak semua orang mempunyai uang sebesar itu. Namun disinilah keuntungan KPR tersebut. KPR bisa membuat orang langsung memiliki rumah dengan dana yang tidak besar. Asal lulus syarat KPR, seseorang bisa memiliki sebuah rumah tanpa dana yang besar diawal.

2. Bisa langsung ditempati
Dengan membeli sebuah rumah secara KPR kita bisa langsung menempatinya tanpa harus menunggu KPR tersebut lunas. Sama seperti ketika kita mengkredit sebuah kendaraan bermotor. Hanya saja, memang syarat KPR lebih "njlimet" daripada syarat dari kredit lainnya.

3. Nilainya meningkat terus
Selain emas, properti adalah sebuah komoditi yang nilainya tahan terhadap inflasi. Dengan nilai yang terus meningkat dibandingkan dengan uang kertas, properti atau rumah bisa menjadi tabungan masa depan yang lebih prospektif dibandingkan deposito manapun. Ini karena deposito masih terikat oleh sistem uang sedangkan properti tidak. Dengan membeli rumah secara KPR, kita seperti menabung dengan kenaikan investasi yang signifikan. Tentu didalam memilih sebuah rumah untuk dibeli, kita juga perlu mempertimbangkan aspek peningkatan dari investasi tersebut. Karena sama seperti investasi lainnya, properti juga merupakan investasi yang memiliki resiko dan peluang. Dengan mengetahui dan mengendalikan peluang investasi properti ini kita bisa memperolah keuntungan KPR yang lebih nyata.

4. Terkadang rumah yang dibeli bisa mencicil sendiri
Ini adalah perpaduan antara manfaat KPR no 3 yang telah kita sebutkan diatas dengan perpaduan jiwa bisnis. Jiwa bisnis yang dimaksud di sini adalah adanya kecermatan kita dalam menangkap peluang untuk menyewakan sebuah rumah. Di berbagai buku properti dapat kita temu berbagai kasus yang menyebutkan bahwa beberapa rumah yang strategis memiliki potensi untuk memiliki nilai sewa yang sangat tinggi. Jika nilai sewa ini lebih tinggi daripada besarnya biaya angsuran KPR, dapat dikatakan bahwa rumah tersebut mencicil angsurannya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar